For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Keselamatan di Perjalanan: Hindari 10 Benda Berpotensi Berbahaya di Dalam Mobil

Keselamatan di Perjalanan: Hindari 10 Benda Berpotensi Berbahaya di Dalam Mobil

Ketika kita berada di dalam mobil, terdapat beberapa benda yang mungkin kita bawa bersama, namun tanpa disadari bisa menjadi faktor risiko yang serius terhadap keselamatan di perjalanan. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 benda berpotensi berbahaya yang sebaiknya dihindari dan tidak ditempatkan di dalam mobil.

Ponsel atau Gawai Elektronik
Ponsel dan gawai elektronik adalah salah satu faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas. Menggunakan ponsel saat mengemudi mengalihkan perhatian kita dari jalan, meningkatkan risiko kecelakaan. Sebaiknya, letakkan ponsel atau gawai elektronik di tempat yang tidak mudah dijangkau saat sedang mengemudi.

Makanan dan Minuman
Makanan dan minuman dapat menjadi sumber gangguan saat mengemudi. Spill atau tumpahan dapat menyebabkan pengemudi kehilangan konsentrasi atau bahkan menyebabkan tergelincirnya tangan saat mengendarai mobil. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makan atau minum di dalam mobil saat sedang berkendara.

Barang-barang yang Tidak Terkunci
Barang-barang yang tidak terkunci atau tidak terikat dengan baik di dalam mobil dapat berubah menjadi proyektil saat terjadi pengereman mendadak atau tabrakan. Pastikan semua barang yang dibawa terikat dengan baik atau disimpan di dalam bagasi.

Pemutar DVD atau Televisi
Meskipun pemutar DVD atau televisi di dalam mobil bisa menjadi hiburan saat perjalanan jauh, namun hal ini juga bisa mengalihkan perhatian pengemudi. Tontonan yang menarik dapat menyebabkan pengemudi terganggu dan mengurangi kemampuannya untuk fokus pada jalan. Sebaiknya hindari penggunaan pemutar DVD atau televisi saat sedang mengemudi.

Barang-barang Tumpukan
Menumpuk barang di dalam mobil dapat mengurangi visibilitas pengemudi dan membatasi gerakan mereka. Selain itu, jika terjadi pengereman mendadak, barang-barang tumpukan tersebut bisa jatuh dan menyebabkan gangguan pada pengemudi atau penumpang. Pastikan mobil tetap bersih dan bebas dari barang-barang yang tumpang tindih atau menghalangi.

Pemutih Rambut atau Spray Cat Rambut
Produk-produk semprot seperti pemutih rambut atau spray cat rambut mengandung bahan kimia yang mudah terbakar. Paparan panas atau kejutan bisa menyebabkan bahan kimia tersebut meledak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menyimpan produk semprot yang mudah terbakar di dalam mobil.

Pisau atau Alat Tajam Lainnya
Pisau atau alat tajam lainnya sebaiknya tidak ditempatkan di dalam mobil, terutama jika mudah dijangkau oleh pengemudi atau penumpang. Selain risiko cedera, pisau atau alat tajam tersebut juga bisa menjadi senjata potensial jika jatuh ke tangan yang salah.

Botol Cairan Mudah Terbakar
Botol cairan mudah terbakar seperti bensin, thinner, atau cairan pembersih lainnya sebaiknya tidak disimpan di dalam mobil. Jika terjadi kebocoran atau tumpahan, cairan tersebut dapat menyebabkan bahaya kebakaran atau ledakan.

Hewan Peliharaan yang Bebas Berkeliaran
Membiarkan hewan peliharaan berkeliaran di dalam mobil bisa sangat mengganggu pengemudi dan dapat menyebabkan gangguan saat mengemudi. Selain itu, dalam kasus kecelakaan, hewan peliharaan juga bisa menjadi faktor risiko terhadap keselamatan mereka sendiri dan penumpang lainnya.

Obat-obatan
Menyimpan obat-obatan di dalam mobil dapat menghadirkan risiko terhadap kondisi obat itu sendiri. Paparan suhu yang ekstrem, baik panas maupun dingin, dapat merusak obat-obatan yang harus disimpan pada suhu tertentu. Lebih baik simpan obat-obatan di tempat yang aman dan terkendali.

Menjaga keselamatan di perjalanan adalah tanggung jawab setiap pengemudi. Dengan menghindari 10 benda berpotensi berbahaya yang telah disebutkan di atas, kita dapat meminimalkan risiko kecelakaan dan menjaga keamanan di jalan. Selalu prioritaskan keselamatan dan fokuslah pada perjalanan Anda.

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat via Whatsapp
Scan the code