For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Perhatikan 6 Tips Agar Mesin Tetap Optimal

Perhatikan 6 Tips Agar Mesin Tetap Optimal

Mesin pada mobil adalah komponen utama yang sudah menjadi kewajiban pemilik mobil untuk selalu menjaga performa mesin akan selalu terjaga dan memiliki usia yang panjang, Dengan melakukan perawatan mesin, sudah bisa dipastikan performa mesin dalam kondisi terbaik.

Berikut tips untuk menjaga mesin mobil Anda :

1. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai dengan Mobil

Setiap kendaraan membutuhkan bahan bakar agar bisa bergerak. Setiap kendaraan, termasuk mobil memiliki jenis bahan bakar yang berbeda misalnya bahan bakar untuk mobil diesel adalah solar, sedangkan untuk mobil lainnya adalah bensin. Isilah bahan bakar mobil yang disarankan agar performa mesin awet. Biasanya pada saat Anda membeli mobil, Anda dapat mengetahui bahan bakar apa yang cocok untuk mobil Anda.

2. Bersihkan Pipa Filter

Proses pemfilteran oksigen akan terhambat ketika saringan kotor, apalagi jika pipa filternya terbuat dari bahan kertas atau kapas yang sangat lunak dan mudah hancur. Gagalnya proses pemfilteran udara akan menyebabkan performa mesin menurun khususnya konsumsi bahan bakar yang boros.

3. Perhatikan Sistem Pengapian

Bahan bakar yang diisi ke dalam mobil butuh proses pembakaran agar mobil bisa melaju. Dalam proses pembakaran, sistem pengapian mobilnya harus tetap stabil agar performa mesin mobil meningkat. Pada saat sistem pengapian tidak stabil, mobil yang dikendarai akan terasa berat, kamu pun tidak nyaman saat mengendarainya.

Pengapian yang tidak stabil disebabkan karena usia busi yang sudah terlalu tua, sehingga kinerjanya berkurang dan tidak stabilnya aliran listrik menuju koil dan injektor, sehingga menyebabkan leg. Kamu diwajibkan untuk mengganti busi lama dengan yang baru untuk membantu ketidakstabilan pada performa mesin.

4. Mengurangi Beban Mobil dan Ukuran Ban

Pilihan jenis ban, ukuran velg, bahan dari velg itu sendiri ikut membantu kinerja mesin lho. Mengapa begitu? Dengan menggunakan ban yang seharusnya (contoh: ban MPV menggunakan ban berjenis radial bukan offroad) membuat performa mesin mobil tidak memikul beban yang terlalu berat untuk memutar ban mobil.

Kamu juga bisa mengurangi beban mobil dengan mengeluarkan barang-barang yang tidak dibutuhkan. Kosongkan mobilmu semaksimal mungkin agar berat beban yang dipikul mobil jauh lebih ringan. Intinya sih, memilih barang apa saja yang dibutuhkan untuk dibawa di dalam mobil, agar kabin mobil kamu juga terjaga kebersihannya.

5. Cucilah Mobil Secara Rutin

Menjaga kebersihan mobil merupakan satu hal yang sangat sederhana. Tapi, sering kamu abaikan karena rasa malas. Seperti yang kamu ketahui, ada banyak cara merawat mobil salah satunya adalah bagaimana cara merawat mesin mobil agar selalu bersih dan terhindar dari kotoran yang menempel. Percaya atau tidak, kotoran dan debu yang menempel di bagian mesin akan menyebabkan adanya penyumbatan. Alhasil, performa mesin mobil tersebut otomatis akan turun.

6. Servis Teratur

Rajin servis mobil anda ke bengkel resmi akan menambah performa mesin mobil Anda dan akan mengetahui kondisi mesin mobil anda.

Kunjungi dealer Sun Star Prima Motor, dan lakukanlah servis berkala untuk menjaga performa mesin Anda.


BACA JUGA

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat via Whatsapp
Scan the code