For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Rasakan Berkendara Dengan Mobil Mitsubishi Menjadi Lebih Hemat dan Lebih Prima

Rasakan Berkendara Dengan Mobil Mitsubishi Menjadi Lebih Hemat dan Lebih Prima

Harga bahan bakar yang merangkak naik akan membuat para pengendara dalam mengemudi akan mengaktifkan eco driving atau berkendara hemat bahan bakar. Namun untuk dapat berkendara dengan hemat BBM memang tidak mudah, semua kembali kepada kebiasaan dan gaya berkendara masing-masing individu.

Berikut tips dan trik serta cara agar berkendara eco driving. Tidak hanya mengandalkan perilaku pengendara saja tapi ditunjang oleh fitur canggih yang ada di mobil Mitsubishi yang bisa menjaga pola berkendara dengan hemat bahan bakar.

Maksimalkan Eco Drive di Mobil

Terdapat Eco Meter pada kendaraan Mitsubishi (terutama varian tertinggi dan menengan ke atas). Fitur ini berfungsi menampilkan bagaimana Anda mengemudi dengan hemat bahan bakar dibawah kondisi mengemudi yang berbeda.

Tampilan eco meter akan berubah tergantung bagaimana Anda mengemudi, dengan menghemat bahan bakar menggunakan akselerasi yang disesuaikan dengan kecepatan kendaraan. Fitur eco meter ini sudah tersedia di hampir semua model Mitsubishi yang dijual di Indonesia, seperti Xpander, Xpander Cross, Outlander PHEV, Pajero Sport, dan juga Triton.

Gunakan Cruise Control Ketika di Jalan Tol

Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur Cruise Control untuk dapat berkendara dengan hemat BBM apalagi jika banyak melalui jalan tol. Fitur ini dapat membuat mobil dapat melaju sesuai kecepatan yang di inginkan oleh pengemudi hanya dengan memencet tombol di lingkar kemudi fitur ini sudah aktif.
Hal ini sangat berguna saat Anda berkendara di jalan tol dan kondisi jalan kosong dapat digunakan untuk mengurangi beban pengemudi, setidaknya kaki kanan Anda dapat beristirahat sejenak.

Biasanya, fitur ini bekerja jika mobil melalui minimal 40 km/jam dan akan berjalan sendiri tanpa harus menginjak pedal gas. Untuk menonaktifkan, cukup menginjak pedal gas atau rem saja. Dengan mengatur kecepatan maksimal anda jadi hemat BBM. Pada saat yang bersamaan juga dapat mempertahankan efisiensi bahan bakar dengan menghilangkan akselerasi dan deselarasi yang tidak perlu.

Fitur cruise control sudah tersedia di mobil Xpander (tipe Ultimate) dan Xpander Cross juga pada Pajero Sport (tipe Dakar Ultimate 4×2 dan 4×4) serta Outlander PHEV.

Bahkan pada mobil Mitsubishi Pajero Sport, dan Outlander PHEV sudah memiliki fitur Adaptive Cruise Control yang lebih mudah lagi saat melakukan akselerasi, karena mobil akan secara otomatis mengatur kecepatan dengan mengikuti kecepatan kendaraan yang ada di depannya. Ketika mobil di depan mengurangi kecepatan maka fitur ACC ini juga akan secara otomatis mengurangi kecepatan kendaraan. Anda tinggal mengatur arah kemudi saja jika fitur ini diaktifkan.

Gunakan Bahan Bakar Yang Sesuai Rekomendasi Mesin Euro 4

Saat ini seluruh model kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia sudah mengikuti standar emisi Euro 4, itu sebabnya sangat penting untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin.

Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross sudah dibekali dengan mesin Euro 4, begitu juga dengan model bermesin diesel seperti Pajero Sport, Triton dan juga L300 yang sudah berstandar Euro 4.

Penggunaan bahan bakar yang sesuai rekomendasi pabrikan atau sesuai buku manual kendaraan ini bertujuan agar kondisi mesin yang sudah berstandar Euro 4 dapat menghasilkan emisi yang lebih baik dan juga membuat performa mesin terjaga. Selain itu tentunya penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan standar emisi Euro 4 dapat membuat mobil jadi hemat BBM.

Untuk Mitsubishi Xpander gunakan BBM dengan oktan 92 dan untuk mesin diesel sebaiknya gunakan bahan bakar solar kualitas baik seperti Dex. Selain itu, bahan berkualitas juga bisa meminimalisir polusi dari gas buang kendaraan, sehingga menjadi lebih ramah untuk lingkungan sekitar.

Lalu, Jangan lupa untuk selalu sesuaikan gaya berkendara Anda agar mobil dapat lebih irit bahan bakar. Berikut ini langkah-langkah yang harus dipahami jika ingin berkendara dengan hemat BBM.

  1. Cek tekanan angin pada ban
    Ban salah satu komponen yang penting pada mobil. Selain itu ban turut mempengaruhi efisiensi kendaraan, untuk itu lakukan pengecekan tekanan angin ban secara rutin. Berkurangnya tekanan angin dari tekanan normal, makan mobil Anda akan sulit untuk berkendara secara hemat BBM.
  2. Kurangi penggunaan AC
    AC memang menjadi syarat utama saat Anda membeli mobil, terutama di kondisi iklim tropis seperti di Indonesia. Namun, ada aturan jika Anda ingin mengaktifkan eco driving tadi, atur suhu didalam kabin sekitar 25 derajat sehingga kerja kompresor tidak terlalu membebani mesin. Jangan gunakan AC dengan suhu paling dingin decara terus menerus (biasanya 18 derajat), karena ini akan membuat konsumsi bahan bakar meningkat.
  3. Jangan lakukan akseslarasi tiba-tiba
    Saat anda berkendara sangat tidak disarankan menekan pedal gas terlalu dalam secara mendadak, terutama saat mobil berjalan dari kondisi diam. Berakselerasilah secara perlahan sekitar 20 km/jam selama 5 detik. Dengan cara ini, konsumsi BBM jadi lebih hemat.

Fitur Auto Stop & Go yang mematikan mesin saat dalam kondisi idling alias mesin menyala tanpa melaju misalnya di kemacetan atau saat berhenti di lampu merah, cukup menginjak pedal gas untuk menyalakan mesin kembali ketika kondisi lalu lintas sudah mulai berjalan lagi.

Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan berkala secara tepat waktu, karena jika kondisi mobil selalu prima maka tentunya konsumsi bahan bakar juga akan terjaga dengan baik. pastikan anda selalu melakukan pengecekan berstandar dan prosedur resmi di bengkel resmi Mitsubishi Sun Motor untuk memastikan kondisi kendaraan anda dalam keadaan terbaik.

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *